Saya memeriksa email hanya dua kali sehari dan itu sudah cukup

Relatif hanya dalam beberapa tahun terakhir ini pemeliharaan lebah lebih dipusatkan atas dasar ilmiah. Sebelumnya, metode tradisional harus diikuti untuk mengamankan panen madu, tetapi para praktisi tradisi ini tidak tahu mengapa dan untuk apa harus seperti itu. Namun sekarang, berkat pengamatan para ilmuwan hebat tentang kehidupan dan kebiasaan lebah, berkat kesabaran dan ketekunan mereka dalam memperhatikan cara serangga bekerja, kita memiliki pengetahuan yang memungkinkan pemelihara lebah di lapangan untuk mengurangi tradisi lama yang asal-asalan dan menggantinya dengan metode, keteraturan, dan tujuan yang pasti.

Pemelihara lebah pemula, saat membaca karya-karya hebat tentang lebah dan kehidupannya, mungkin menjadi ragu apakah ia sanggup menyelami dunia luar biasa itu, dan apakah suatu hari nanti ia bisa menjadi mahir dalam seni dan praktik memelihara lebah. Saya tegaskan bahwa dengan kesabaran, kegigihan, dan ketekunan, ukuran keberhasilan bebas ditentukan oleh siapa saja yang berkarya menggunakan kecerdasannya.

Keraguan dan kesulitan memang menghantui pemula, dan pertanyaan yang mereka lontarkan mungkin membuat para pakar tersenyum karena mengingatkan mereka pada aspirasi dan upaya mereka sendiri saat baru memulai. Namun, tidak ada alasan untuk berputus asa. Meskipun kekecewaan pasti timbul, tetapi harus diterima semata-mata sebagai pemacu untuk terus berupaya, sebagai langkah mewujudkan tujuan akhir kesuksesan.

Beberapa orang mungkin dengan acuh tak acuh beranggapan bahwa tidak ada lagi yang bisa diungkapkan atau dipelajari tentang lebah. Namun, faktanya, para ilmuwan sekalipun masih belum dapat memastikan fungsi dari organ-organ lebah, serta asal usul dan penyembuhan penyakit-penyakit lebah. Oleh karena itu, jika aspek komersial dari pemeliharaan lebah kita kesampingkan, sebenarnya masih banyak bidang minat dan penelitian yang terbuka untuk digali lebih dalam lagi oleh pemelihara lebah yang cerdas.

By:

Posted in:


Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai