Melihat kembali bagaimana saya bekerja dari jarak jauh selama satu tahun,

Relatif hanya dalam beberapa tahun terakhir ini pemeliharaan lebah lebih dipusatkan atas dasar ilmiah. Dahulu, ada metode tradisional khusus yang harus diikuti untuk mengamankan panen madu tetapi mereka yang mempraktikkan metode tersebut tidak tahu alasan dan tujuannya. Namun sekarang, berkat pengamatan para ilmuwan hebat tentang kehidupan dan kebiasaan lebah, dan berkat kesabaran dan ketekunan mereka dalam memperhatikan pola hidup serangga ini, kita memiliki pengetahuan yang dapat membantu para pemelihara lebah mengganti tradisi lama yang serampangan dengan metode yang teratur dan bertujuan pasti.

Pemelihara lebah pemula, saat membaca karya-karya hebat tentang lebah dan kehidupannya, mungkin menjadi ragu apakah ia sanggup menyelami dunia luar biasa itu, dan apakah suatu hari nanti ia bisa menjadi mahir dalam seni dan praktik memelihara lebah. Saya tegaskan bahwa dengan kesabaran, kegigihan, dan ketekunan, ukuran keberhasilan bebas ditentukan oleh siapa saja yang berkarya menggunakan kecerdasannya.

Saya menghabiskan lebih banyak waktu dengan
keluarga, lebih sering berolahraga,
dan lebih lama tidur.

Keraguan dan kesulitan memang menghantui pemula, dan pertanyaan yang mereka lontarkan mungkin membuat para pakar tersenyum karena mengingatkan mereka pada aspirasi dan upaya mereka sendiri saat baru memulai. Namun, tidak ada alasan untuk berputus asa. Meskipun kekecewaan pasti timbul, tetapi harus diterima semata-mata sebagai pemacu untuk terus berupaya, sebagai langkah mewujudkan tujuan akhir kesuksesan.

Beberapa orang mungkin dengan acuh tak acuh beranggapan bahwa tidak ada lagi yang bisa diungkapkan atau dipelajari tentang lebah. Namun, faktanya, para ilmuwan sekalipun masih belum dapat memastikan fungsi dari organ-organ lebah, serta asal usul dan penyembuhan penyakit-penyakit lebah. Oleh karena itu, jika aspek komersial dari pemeliharaan lebah kita kesampingkan, sebenarnya masih banyak bidang minat dan penelitian yang terbuka untuk digali lebih dalam lagi oleh pemelihara lebah yang cerdas.

By:

Posted in:


Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai